Breaking News

MKD Butuh Seminggu Putuskan Pergantian Novanto


PEMBAHASAN mengenai pergantian Ketua DPR yang dijabat Setya Novanto yang kini berproses hukum berlangsung alot di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Fraksi partai masih mengedepakan pandangan masing-masing menyikapi hwal penahanan Novanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

"Saya yakin dalam waktu dekat sudah selesai (proses pergantian ketua DPR). Hari ini akan segera rapat pimpinan, setelahnya akan rapat internal," ujar kata Sudding di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin 20 November 2017.

Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding menyebut, pihaknya perlu waktu seminggu untuk memberikan putusan akhir pada Ketua Umum Partai Golkar itu. Sidang MKD untuk Novanto pun akan digelar bilamana rapat pimpinan fraksi telah menghasilkan kesepakatan. "Mudah-mudahan dalam satu minggu ini (sidang MKD) selesai," ujar Politikus Hanura ini.

Sudding menegaskan, MKD bakal tegas memberikan rekomendasi menyikapi proses hukum yang tengah dijalani Novanto. Bila telah terjadi pelanggaran hukum, lanjut Sudding, kuat dugaan telah terjadi terjadi pelanggaran sumpah jabatan dan masuk dalam lingkup pelanggaran kode etik. "Kalau kita lihat tentang masalah integritas seorang aggota termasuk pimpinan di dalamnya ya harus menjaga harkat mertawabat kerhormatan dewan," ucap Sudding.

Novanto resmi ditahan KPK, Minggu malam, 19 November 2017, setelah berkali-kali menolak menghadiri pemeriksaan. Penahanan dilakukan setelah KPK memastikan Novanto tak lagi memerlukan rawat inap pasca kecelakaan di kawasan Jakarta Barat, beberapa waktu lalu. (MTVN/OL-7)

Sumber: Media Indonesia

Halaman